8 Strategi Bisnis Kuliner Agar Makin Cuan

78
strategi bisnis kuliner
strategi bisnis kuliner

Makanan adalah kebutuhan pokok setiap orang, sehingga bisnis kuliner menjadi salah satu bisnis dengan peluang terbesar bagi siapapun. Pelajari strategi bisnis kuliner a La JOINAN untuk meningkatkan daya saing Anda.

Bidang kuliner masih dan akan terus menjadi primadona dalam sektor bisnis. Entah untuk bisnis kuliner makanan berat, camilan, atau makanan khas yang terkadang dibutuhkan untuk momen tertentu. Pandemi bahkan tidak dapat menghambat usaha kuliner berkat cara take away atau delivery. Karenanya, banyak orang yang tertarik akan bisnis ini.

8 Strategi Bisnis Kuliner ala JOINAN

Setelah Anda merencanakan bisnis kuliner Anda dengan akurat, terdapat sejumlah strategi lain yang bisa Anda jalankan guna memperkuat posisi bisnis Anda di pasar. Berikut adalah sejumlah strategi tersebut.

1. Tampilkan Ulasan dan Testimoni

Salah satu strategi bisnis kuliner terbaik adalah meyakinkan calon pelanggan bahwa bisnis kuliner Anda jujur apa adanya. Ulasan dan testimoni dapat Anda tampilkan dalam website atau media sosial yang Anda gunakan. Dengan informasi tersebut, konsumen akan semakin percaya pada bisnis kuliner Anda.

Meski Anda menemukan ulasan atau testimoni yang kurang ideal, penilaian tersebut tetap akan berguna bagi bisnis kuliner Anda untuk terus melakukan evaluasi dan perbaikan. Menjaga autentikasi bisnis Anda merupakan langkah yang terbaik.

Anda juga dapat mendaftarkan bisnis kuliner Anda di platform yang berfokus mengulas makanan seperti Zomato dan Pergikuliner untuk menyebarluaskan jangkauan audiens Anda.

2. Gunakan Foto Produk yang Efektif

Visualisasi produk merupakan salah satu elemen terpenting dalam strategi bisnis kuliner. Foto makanan yang menarik dan realistis akan sangat membantu Anda meningkatkan penjualan dan memasarkan bisnis kuliner Anda.

Anda bisa menggunakan jasa fotografer profesional atau mempelajari sendiri teknik fotografi yang tepat untuk tema kuliner. Pelajari juga perpaduan warna yang mengiurkan, tema yang senada, serta sudut foto terbaik tanpa melebih-lebihkan janji produk bisnis. Anda juga dapat menyertakan tagline atau copywriting yang persuasif untuk menyertai konten visual Anda.

3. Gunakan Website di Samping Media Sosial

Media sosial menyediakan jangkauan audiens yang luas, namun website akan memudahkan audiens untuk menemukan informasi terkait bisnis kuliner Anda dengan lebih efektif. Dengan memiliki website, Anda dapat meningkatkan brand awareness juga memanfaatkan pemasaran digital untuk bisnis kuliner Anda. 

Sama halnya dengan fotografi, Anda dapat membuat website sendiri atau menggunakan jasa profesional. Jika memungkinkan, lakukan publikasi konten artikel yang relevan untuk meningkatkan visibilitas website Anda.

Baca Juga: Intip Geliat Bisnis Rumah Makan Payakumbuah Milik Arief Muhammad

4. Kualitas Customer Service

Pembelian berulang (repeat purchase) juga dapat diperoleh dari customer service yang berkualitas. Repeat purchase adalah kondisi di mana pelanggan membeli barang atau jasa yang sama karena pelanggan sudah mengenal baik produk Anda. Untuk menyaingi berbagai kompetitor di bidang bisnis yang sama, memiliki tenaga internal dengan kemampuan komunikasi dan pelayanan yang terlatih dengan baik dapat menjadi keunggulan kompetitif bisnis Anda.

5. Platform Pencarian Restoran

Untuk memudahkan audiens menemukan bisnis kuliner Anda, mendaftarlah pada platform pencarian restoran. Platform ini juga dapat mempublikasikan ulasan dan testimoni terhadap bisnis kuliner Anda untuk menarik minat calon-calon pelanggan di masa depan.

6. Kerjasama dengan Platform Pesan Antar

Bisnis kuliner tetap tumbuh selama pandemi berkat platform pesan antar sepeti GoFood dan GrabFood. Platform ini mempermudah konsumen dalam melakukan metode pembelian yang dapat diantar langsung ke rumah pelanggan dalam keadaan fresh.

Platform ini juga sering mengadakan promosi berupa diskon atau cashback untuk semakin menambah daya tarik konsumen untuk mencoba produk yang Anda jual. 

7. Mengadakan Promosi Unik

Strategi promosi dapat menarik berbagai audiens pada bisnis kuliner Anda. Dari menyediakan potongan harga pada periode waktu tertentu (Happy Hour), pembagian hadiah untuk pemesanan spesial (Giveaway), hingga menggunakan jasa influencer (Endorsement) dapat menjadi strategi kuliner yang efektif.

Baca Juga: 7 Cara Memulai Bisnis Kuliner dari Nol Hingga Cuan

8. Sumber Modal yang Reliabel

Modal tidak hanya dibutuhkan pada awal pendirian bisnis. Ketika bisnis telah cukup berkembang, Anda akan membutuhkan modal tambahan untuk mengembangkan bisnis sembari mempertahankan bisnis awal.

Dalam strategi bisnis kuliner, agar Anda dapat mengembangkan bisnis dan tetap memiliki dana untuk kebutuhan yang telah ada, gunakan sumber modal yang reliabel. Sumber ini dapat berasal dari dana emergensi, pinjaman, ataupun platform securities crowdfunding seperti JOINAN yang dapat mempertemukan investor dengan pemilik bisnis yang membutuhkan modal untuk mengembangkan bisnisnya. 

JOINAN merupakan platform investasi berbasis securities crowdfunding. Melalui JOINAN Anda dapat mengakses modal untuk mengembangkan bisnis. Mekanisme yang dilakukan yaitu dengan penerbitan efek yang akan JOINAN tawarkan kepada seluruh investor tanah air melalui website dan aplikasi JOINAN.

Jangan tunggu kompetitormu maju duluan, yuk! Buruan wujudkan bisnis impan kamu bareng JOINAN dengan menjadi mitra kami, dan dapatkan modal usaha hingga 10 Miliar Rupiah!

JADI MITRA JOINAN SEKARANG, AKSES MODAL USAHA HINGGA 10 MILIAR RUPIAH UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIAN KAMU

*) JOINAN tidak bekerja sama dengan brand manapun yang disebutkan dalam artikel ini. Segala informasi terkait tiap brand pada artikel ini berkemungkinan besar dapat berubah sewaktu-waktu, untuk info terkait franchise atau kemitraan silahkan menghubungi pihak brand tersebut lebih lanjut. JOINAN tidak bertanggung jawab atas performa bisnis dari tiap brand atas kerja sama yang Anda lakukan dengan mereka.