Tiap bisnis tentu butuh rencana agar dapat mencapai tujuan dengan efektif dan efisien. Untuk mengetahui bagaimana menyusun rencana dengan baik, berikut contoh perencanaan bisnis sederhana ala JOINAN!
Perencanaan bisnis adalah peta tujuan yang menggambarkan konsep, mekanisme, dan cara berdirinya suatu bisnis secara keseluruhan. Terdapat penjelasan rinci tentang finansial, manajemen, kemitraan, serta strategi pemasaran suatu bisnis dalam rencana ini. Dalam beberapa kasus, perencanaan usaha juga digunakan sebagai bahan presentasi calon pebisnis untuk menarik minat investor atau sponsor.
Penting bagi bisnis manapun untuk memiliki rencana, baik dalam jangka pendek hingga jangka panjang. Perencanaan bisnis yang matang dapat meminimalisir potensi kerugian dan menentukan langkah yang paling efisien serta efektif untuk mencapai tujuan bisnis.
Rencana bisnis sendiri memiliki beberapa elemen vital yang perlu dipaparkan dengan jelas dan spesifik. Maka dari itu, simak artikel berikut untuk mengenal pasti manfaat dan cara membuat perencanaan bisnis.
Manfaat Perencanaan Bisnis
Perencanaan bisnis tidak hanya memetakan tujuan, namun juga berfungsi sebagai rekam jejak bisnis sehingga Anda dapat melacak kembali strategi mana yang berhasil dan mana yang perlu dikembangkan. Berikut adalah manfaat perencanaan bisnis selengkapnya.
- Spesifikasi Bisnis
Dengan memahami model bisnis yang akan dikembangkan, bisnis Anda akan berjalan dengan lebih lebih terorganisir untuk mencapai target. Perencanaan bisnis yang baik dapat membantu Anda menetapkan dan memvalidasi poin-poin penting, seperti sumber daya, hubungan pelanggan, pendapatan, dan pengeluaran. Anda juga dapat mengolah sumber daya dengan lebih efisien setelah mengetahui target pasar dengan lebih jelas.
- Menarik Modal dari Pihak Eksternal
Perencanaan bisnis yang jelas dan menarik akan membantu Anda mencari sumber modal pihk yang menjanjikan. Anda dapat menggunakan perencanaan bisnis sebagai proposal untuk mendapatkan dana dari investor, perbankan, atau lembaga pembiayaan lainnya.
- Strategi Perkembangan
Bisnis dapat berkembang dengan lebih baik jika Anda dapat mengalokasikan sumber daya dengan akurat. Perencanaan bisnis dapat membantu Anda menyusun strategi perkembangan dengan lebih baik dan mengantisipasi lebih banyak potensi risiko di masa depan.
Isi Perencanaan Bisnis secara Umum
Tiap model perencanaan bisnis memiliki elemen-elemen tersendiri. Untuk membantu Anda menentukan perencanaan yang tepat, berikut adalah elemen-elemen yang umum ditemukan dalam berbagai perencanaan bisnis.
1. Profil Usaha
Penting bagi perencanaan bisnis untuk memiliki profil usaha sebagai deskripsi ringkas. Profil ini umumnya memuat sejarah, visi, misi, serta fokus pekerjaan seperti bidang keahlian dan layanan unggulan.
2. Positioning Produk atau Jasa
Tiap bisnis memerlukan suatu pembeda yang membuatnya lebih menonjol dari kompetitor lainnya. Pembeda ini dapat berupa positioning atau unique selling point (USP) dari produk atau jasa bisnis Anda. Perencanaan bisnis juga perlu memuat metode dan indikator evaluasi serta pengembangan untuk faktor pembeda ini.
3. SWOT
Model analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) telah banyak dipakai oleh berbagai bisnis selama bertahun-tahun untuk memetakan strategi pengembangan diri mereka. Dengan memahami 4 aspek bisnis tersebut, Anda dapat terus beradaptasi dengan tuntutan audiens dan perkembangan kompetisi pasar.
4. Target Audiens
Target audiens adalah segmentasi masyarakat yang memiliki potensi besar untuk membeli atau mengkonsumsi produk dan jasa Anda. Anda dapat menentukan segmentasi ini dari memetakan fungsi produk atau jasa Anda, dan melakukan riset untuk mengetahui karakteristik konsumen yang lebih cenderung menggunakan fungsi-fungsi tersebut.
Sebagai contoh perencanaan bisnis sederhana, riasan wajah dengan fungsi utama ‘A’ lebih sering digunakan oleh wanita kelas ekonomi menengah dari usia 20-40 tahun. Sedangkan riasan wajah dengan fungsi utama ‘B’ lebih menarik bagi siswi SMP dan SMA.
5. Anggaran (Proyeksi Pendapatan, Pengeluaran, dan Profit)
Penting bagi tiap bisnis untuk mengetahui jelas alur pemasukan dan pengeluaran bisnis dengan sangat mendetail. Catatan anggaran dapat membantu Anda mengelola modal dan investasi dengan lebih jelas, dengan demikian Anda juga dapat memiliki dana lebih untuk mengembangkan bisnis dengan efektif.
Baca Juga: Intip Geliat Bisnis Rumah Makan Payakumbuah Milik Arief Muhammad
Contoh Perencanaan Bisnis Sederhana
Setelah memahami isi atau langkah-langkah dari perencanaan usaha di atas, kamu bisa melihat contoh dari beberapa perencanaan usaha yang akan dibuat. Berikut merupakan contoh perencanaan bisnis makanan dari perusahaan PT. Kenyang Bersama yang memproduksi makanan kripik bayam.
Profil Bisnis
Kriuk Ijo (PT. Kenyang Bersama)
Bidang usaha
Kuliner (makanan ringan)
Visi
Mengajarkan gaya hidup sehat yang lezat dan nyaman.
Misi
Mengajak pembeli untuk mengkonsumsi lebih banyak sayur hijau
Deskripsi bisnis
Kriuk Ijo adalah bisnis kuliner yang menawarkan cemilan yang sehat dan lezat untuk semua umur.
Keunikan Produk
Keripik dibuat dari sayur bayam bergizi dengan minim bahan perisa buatan sehingga sehat untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. Bahan keripik sendiri lebih ringan dari produk keripik pada umumnya, sehingga dapat dikonsumsi dari segala usia di atas usia 3 tahun.
Varian Produk
- Kriuk Ijo
- Kriuk Ijo Keju
- Kriuk Ijo Sambal Ijo
- Kriuk Ijo Sambal Gochujang
- Kriuk Ijo Bakso
- Kriuk Ijo Krispy
Target Audiens
Konsumen dari usia 10 hingga 19 tahun dari ekonomi bawah hingga menengah.
Rencana Pemasaran
- Membangun situs web resmi dengan trafik organik tinggi
- Aktif di sosial media dengan konten yang relevan dan interaktif.
- Melakukan kerjasama dengan berbagai influencer dan blogger kuliner.
- Mengadakan kerjasama dengan institusi akademik untuk mengakrabkan brand dengan anak-anak.
Divisi Kerja
- Board of Director (Inaya Sugianto)
- Executive Managers (M. Utu, Nanda Setiawan, Rudy Purnama)
- Product Management (Budi Harmoni, Priya Uttarnam)
- Digital Marketing (Toni E. Gunawan).
- Website Development (Nur Gigih Setiabudi, Julia Anton, Mika Michael).
- Public Relation (Isti Ajeng Gudika Mulawarman)
Baca Juga: Geliat Bisnis Laundry Koin vs Laundry Kiloan, Pilih Mana?
Biaya Operasional
Fasilitas Produksi dan Pengemasan | Rp 10.000.000 |
Bahan Makanan dan Pengemasan | Rp 5.000.000 |
Sewa Tempat | Rp 1.700.000 |
Sumber Daya Manusia | Rp 40.000.000 |
Perawatan dan Pemeliharaan | Rp 3.000.000 |
Total | Rp 59.700.000 |
Timeline Bisnis
2020-2021 | -Mendapatkan +100 pengikut di media sosial (berkelanjutan, peningkatan minimal 5% tiap 6 bulan) -Bekerja sama dengan 5 instansi sekolah (SD, SMP, SMA)Menjual 15 item per hari (berkelanjutan) -Meningkatkan sesi organik trafik di website minimal 1% per bulan (berkelanjutkan) |
2021-2022 | -Bekerja sama dengan 10 instansi sekolah (SD, SMP, SMA, Universitas) -Mengadakan minimal 5 event di lokasi publik -Bekerja sama dengan 3 micro influencer |
2022-2023 | -Revamp websiteMembuka cabang di luar kota (bisa outlet sendiri atau kerja sama dengan instansi akademi) -Menjual 70 item per hari (berkelanjutan) -Meningkatkan sesi organik trafik di website minimal 3% per bulan (berkelanjutkan) -Mengadakan minimal 5 event di lokasi publik -Mengadakan minimal 3 event daring |
2023-2024 | -Menjual 100 item per hari (berkelanjutan) -Bekerja sama dengan 1 macro influencer -Bekerja sama dengan 1 franchise konsumsi internasional |
2024-2025 | Membuka program franchise (minimal 5 franchisee) |
Setelah rencana bisnis telah matang terpampang, langkah berikutnya adalah mengumpulkan modal yang memadai. Seperti yang telah disebutkan, terdapat berbagai alternatif untuk mengumpulkan modal. Salah satunya adalah dari investor di platform JOINAN.
JOINAN merupakan platform investasi berbasis securities crowdfunding. Melalui JOINAN Anda dapat mengakses modal untuk mengembangkan bisnis. Mekanisme yang dilakukan yaitu dengan penerbitan efek yang akan JOINAN tawarkan kepada seluruh investor tanah air melalui website dan aplikasi JOINAN.
Jangan tunggu kompetitormu maju duluan, yuk! Buruan wujudkan bisnis impan kamu bareng JOINAN dengan menjadi mitra kami, dan dapatkan modal usaha hingga 10 Miliar Rupiah!
JADI MITRA JOINAN SEKARANG, AKSES MODAL USAHA HINGGA 10 MILIAR RUPIAH UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIAN KAMU
*) JOINAN tidak bekerja sama dengan brand manapun yang disebutkan dalam artikel ini. Segala informasi terkait tiap brand pada artikel ini berkemungkinan besar dapat berubah sewaktu-waktu, untuk info terkait franchise atau kemitraan silahkan menghubungi pihak brand tersebut lebih lanjut. JOINAN tidak bertanggung jawab atas performa bisnis dari tiap brand atas kerja sama yang Anda lakukan dengan mereka.