Intip Ragam Strategi Bisnis Kos-Kosan yang Dapat Anda Terapkan

132
strategi bisnis kos kosan
strategi bisnis kos kosan

Strategi bisnis kos-kosan merupakan kebutuhan utama pemilik kos yang ingin bertahan dalam kompetisi. Simak ragam strategi ala JOINAN sebagai berikut!

Bisnis kos-kosan merupakan lahan investasi jangka panjang. Kos-kosan juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memulai bisnis properti yang paling dibutuhkan oleh mahasiswa atau pekerja dari luar daerah. 

Keberadaan kos-kosan juga sangat penting karena menyediakan perumahan berkualitas dengan biaya yang terjangkau. Jika Anda sedang mempertimbangkan bisnis properti, berikut adalah strategi bisnis kos-kosan yang dapat Anda coba!

6 Strategi Bisnis Kos-kosan ala JOINAN 

Baca Juga : Mengenal Jenis-Jenis Modal Usaha Sebelum Mulai Berbisnis

1. Menggunakan Konsep Unik nan Estetik

Konsep strategi bisnis kos-kosan dengan bangunan yang unik dan estetik sangat menarik bagi generasi muda, terutama Gen Z. Jika Anda membangun rumah kost dari awal, sangat disarankan untuk menggunakan desain yang modern, estetik, dan anti gempa. Baik dari arsitektur maupun visualisasi.

Jika Anda memperoleh properti yang sudah jadi, Anda dapat mendekorasi ataupun merenovasi infrastruktur tergantung dengan kondisi saat pemerolehannya. Anda juga dapat melengkapi ruang kos dengan furnitur minimalis-modern agar dapat meningkatkan ketertarikan calon penghuni pada kos Anda. Anda dapat mempelajari konsep visual dari brand seperti Cove dan Rukita untuk konsep kos yang unik nan estetik.

2. Pemeliharaan Teratur

Umumnya penghuni akan lebih mempertimbangkan harga sewa jika biaya pemeliharaan (maintenance) termasuk dalam harga sewa. Pemeliharaan yang dimaksud tentu tidak terbatas pada kebersihan lingkungan, namun juga pengecekan listrik, air, dan fasilitas lainnya.

Calon penghuni cenderung juga lebih menyukai rumah kost yang memperlihatkan hawa bersih serta tidak kumuh. Lantai yang telah Anda bersihkan belum tentu ternilai bersih bagi calon penghuni baru, sehingga penting untuk memperbarui cat, keramik, plester, dan bagian-bagian lainnya untuk menjaga keremajaan bagunan.

3. Fasilitas Penunjang

Di samping fasilitas dasar (ruang kamar, dapur, kamar mandi, listrik, air), keberadaan fasilitas penunjang wajib ada dalam strategi bisnis kos-kosan Anda. Dari lahan parkir yang cukup luas, koneksi internet, jasa binatu, katering, jasa percetakan, hingga layanan penitipan paket atau surat merupakan fasilitas modern yang sangat dicari baik oleh mahasiswa maupun pekerja kantoran.

Jika infrastruktur fisik kos tidak memungkinkan beberapa fasilitas, Anda dapat menyewa tempat yang cukup dekat ataupun bekerja sama dengan pihak penyedia jasa. Dengan demikian, Anda tetap dapat mempermudah penghuni dan calon penghuni untuk memenuhi kebutuhan mereka.

4. Komunikasi Bersahabat

Generasi Z sangat menyadari akan pentingnya komunikasi dan kesehatan mental lebih dari generasi-generasi sebelumnya, sehingga komunikasi kasual dan ramah akan sangat menarik minat mereka.

Sebagai pemilik bisnis, Anda tentu perlu menegakkan peraturan untuk menertibkan penghuni, namun sapaan ramah dan tegur sapa sudah cukup untuk membuat Anda terkesan bersahabat bagi mereka.

5. Memaksimalkan Platform Online

Platform online sangat sering digunakan sebagai mesin pencari. Anda dapat menjangkau audiens yang tepat dengan mendaftar ke platform seperti Mamikos atau RoomMe. Kedua aplikasi tersebut memiliki fitur display kos-kosan yang dapat audiens cari sesuai kebutuhan mereka.

Anda juga dapat membangun website sendiri dan menggunakan media sosial untuk menyebarkan bisnis Anda. Akan lebih baik lagi jika Anda menetapkan brand secara profesional dan menyebarkan brand awareness untuk memiliki online presence yang lebih solid.

Baca Juga: Contoh Perencanaan Bisnis Sederhana yang Dapat Anda Gunakan

6. Memiliki Sistem Kontrak yang Disiplin

Tidak jarang calon penghuni membatalkan reservasi tanpa sebab dan menuntut pengembalian pembayaran awal. Untuk menghindari kerugian sumber daya, tenaga, dan waktu, Anda perlu menetapkan peraturan atau kontrak yang jelas dan spesifik. Anda juga perlu memastikan agar calon penghuni telah membaca dan mengerti isi kontrak tersebut sebagaimana mestinya untuk menghindari kesalahpahaman di masa depan. 

Strategi bisnis kos-kosan juga membutuhkan modal agar dapat berjalan sesuai rencana. Di zaman financial technology ini, Anda memiliki banyak pilihan akan sumber dana yang mudah dijangkau. Mulai dari P2P Lending, peminjaman bank, hingga platform online seperti securities crowdfunding JOINAN. 

JOINAN merupakan platform investasi berbasis securities crowdfunding. Melalui JOINAN Anda dapat mengakses modal untuk mengembangkan bisnis. Mekanisme yang dilakukan yaitu dengan penerbitan efek yang akan JOINAN tawarkan kepada seluruh investor tanah air melalui website dan aplikasi JOINAN.

Jangan tunggu kompetitormu maju duluan, yuk! Buruan wujudkan bisnis impan kamu bareng JOINAN dengan menjadi mitra kami, dan dapatkan modal usaha hingga 10 Miliar Rupiah!

JADI MITRA JOINAN SEKARANG, AKSES MODAL USAHA HINGGA 10 MILIAR RUPIAH UNTUK WUJUDKAN BISNIS IMPIAN KAMU

*) JOINAN tidak bekerja sama dengan brand manapun yang disebutkan dalam artikel ini. Segala informasi terkait tiap brand pada artikel ini berkemungkinan besar dapat berubah sewaktu-waktu, untuk info terkait franchise atau kemitraan silahkan menghubungi pihak brand tersebut lebih lanjut. JOINAN tidak bertanggung jawab atas performa bisnis dari tiap brand atas kerja sama yang Anda lakukan dengan mereka.