Mengenal Investasi Leher ke Atas dan Contohnya, Cocok untuk Anak Muda!

92
Investasi Leher ke Atas dan Contohnya JOINAN platform securities crowdfunding Indonesia
Mengenal Investasi Leher ke Atas dan Contohnya, Cocok untuk Anak Muda!

Apa itu investasi leher ke atas dan contohnya? Investasi adalah kegiatan penanaman modal yang kerap diasosiasikan dengan keuntungan finansial. Meskipun demikian, ada juga investasi yang tidak langsung menghasilkan uang namun tetap akan menguntungkan Anda.

Anda mungkin mengenali investasi sebagai salah satu upaya meningkatkan pendapatan yang dapat dilakukan dari kedisiplinan dalam pengaturan uang, mendapat profit tambahan, hingga passive income yang dapat menjamin pemasukan masa pensiun Anda.

Apapun bentuknya, investasi adalah suatu upaya yang dapat menguntungkan seseorang dalam jangka waktu panjang. Keuntungan tersebut juga dapat berupa uang, ataupun hasil non-finansial seperti yang umumnya diraup dari investasi leher ke atas.

Investasi leher ke atas sendiri adalah investasi yang dilakukan melalui otak, sehingga memunculkan istilah ‘leher ke atas’ tersebut. Investasi melalui otak ini dapat berupa pengetahuan, pemikiran yang sehat, keterampilan tambahan, serta etika dan moral dalam menjalankan hidup. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Investasi Leher ke Atas dan Contohnya

Istilah ‘Investasi Leher ke Atas’ didapat karena tujuan akhir investasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas diri dari pengetahuan dan keterampilan. Salah satu bentuk invetasi ini adalah dengan menyelesaikan pendidikan formal, ataupun mengambil pelatihan tambahan untuk memperoleh keterampilan baru.

Hasil dari investasi ini umumnya dapat meningkatkan keahlian Anda dalam menghadapi segala permasalahan di segala bidang dalam kehidupan, dari memperluas pertimbangan sebelum mengambil keputusanl mengembangkan strategi dengan lebih baik, mengelola emosi dengan lebih cerdas, dan lain-lain.

Umumnya, investasi leher ke atas dibagi menjadi 3 jenis, yakni:

1. Investasi Spiritual 

Seperti namanya, Investasi Spiritual bertujuan untuk mendekatkan diri dengan agama atau kepercayaan masing-masing. Investasi ini juga dapat ditujukan untuk mengembangkan moralitas seseorang atau menjernihkan pikiran dari kesibukan duniawi. 

2. Investasi Sosial 

Jenis investasi ini dapat menguntungkan Anda secara intelektual, profesional, ataupun mental. Investasi ini ditujukan untuk meluaskan hubungan sosial dan interaksi Anda dengan orang-orang sekitar. Dari investasi ini, Anda dapat menemukan pengetahuan baru, memperluas jaringan bisnis, ataupun sekedar mengembangkan kesehatan mental Anda dengan berinteraksi bersama orang lain. 

3. Investasi Kemampuan 

Di era yang serba digital ini, Anda dapat mengakses berbagai workshop ataupun pembelajaran online yang gratis maupun berbayar. Mulai dari pelajaran memasak hingga coding professional dapat Anda temukan di berbagai platform.

Baca Juga: Apa itu Investasi? Simak Cara Berinvestasi, Contoh dan Kegunaannya Berikut ini!

Cara Melakukan Investasi Leher ke Atas dan Contohnya

Terdapat berbagai cara untuk melakukan 3 investasi tersebut. Berikut adalah rekomendasi JOINAN terkait cara melakukan jenis investasi leher ke atas dan contohnya.

1.  Rajin Membaca 

Membaca adalah cara yang telah terbukti berpengaruh terhadap perkembangan otak manusia sejak dahulu. Anda dapat menambah ilmu dengan membaca berbagai buku pengetahuan, dan cara ini terutama sangat direkomendasikan dengan Anda yang memiliki gaya baca visual. 

Cara ini juga perlu dilakukan secara konsisten dalam durasi yang proporsional. Banyak penelitian yang merekomendasikan durasi selama 15-30 menit sebagai interval minimum untuk membaca setiap hari. 

Jika Anda menilai waktu ini terlalu panjang, Anda dapat membagi durasi ini menjadi beberapa sesi. Misalnya 10 menit di pagi hari sambil sarapan, 15 menit di transportasi umum, dan 5 menit dari sisa waktu istirahat makan siang Anda.

Durasi 15-30 menit ini sendiri tidak perlu berasal dari sebuah buku. Anda dapat memulai kebiasaan ini dari membaca sejumlah artikel berita yang menarik perhatian Anda. 

2. Tambah Keterampilan

Selain dari membaca, Anda dapat mencoba keahlian atau keterampilan baru. Seperti merajut, coding, memasak, prakarya, dan lain sebagainya. Anda dapat mencoba dari sesuatu yang berhubungan dengan minat atau kegemaran Anda, atau bahkan dengan sesuatu yang benar-benar belum pernah Anda ketahui sebelumnya. 

Cara investasi ini dapat terlihat cukup sulit bagi sebagian orang, namun sejumlah kegagalan di awal percobaan bukan berarti Anda tidak dapat menguasainya sama sekali. 

3. Menggali Bakat 

Karena tuntutan karir dan finansial, tak sedikit orang yang harus meninggalkan hobi untuk melakukan pekerjaan dengan keuntungan yang lebih menghasilkan. Tidak jarang seorang mahasiswa yang gemar menyanyi mulai jarang melakukan kegemarannya untuk karir yang lebih menjanjikan.

Atau mungkin seorang anak dengan bakat melukis justru didorong untuk mendalami ilmu fisika. Anda dapat kembali mengasah bakat atau potensi lama ini di sela kesibukan Anda. Jika dikembangkan dengan baik, bakat ini dapat menjadi sumber penghasilan baru Anda.

4. Mengikuti Program Relawan 

Relawan adalah kegiatan yang aktif berpartisipasi dan bergabung dengan kelompok, komunitas, dan lembaga untuk menghasilkan dampak bermanfaat bagi masyarakat umum. Dengan mengikuti program relawan, Anda dapat berkontribusi pada masyarakat sekaligus mengembngkan pola pemikiran Anda.

Beberapa jenis program relawan yang dapat Anda temukan adalah relawan pendidikan, relawan edukasi politik, relawan kesehatan, dan relawan lingkungan.

5. Memiliki Pembimbing yang Sesuai 

Pembimbing atau mentor yang tepat akan membantu Anda menavigasikan hidup dengan lebih baik. Pembimbing yang dimaksud dapat berarti mitra kerja yang lebih berpengalaman, kerabat yang ingin membantu Anda, ataupun orang tua yang telah memiliki banyak pengetahuan dan pengalaman terkait investasi leher ke atas ini.

6. Memanfaatkan Platform Media Sosial

Jika digunakan dengan baik, Anda dapat menemukan banyak konten bermanfaat secara gratis. Ikuti akun para profesional yang memiliki lisensi atau sertifikat di bidang mereka untuk mendapatkan konten yang faktual dan terjamin kebenarannya.

7. Bergabung dengan Klub atau Organisasi

Cara ini sangat cocok bagi Anda yang merupakan seorang pelajar, mahasiswa, atau lulusan baru yang sedang mencari pengalaman. Dengan bergabung bersama klub atau organasisi, Anda dapat menemukan banyak orang baru dan memperluas jaringan relasi.

Anda juga mempelajari hal baru atau mengumpulkan pengalaman dengan mengambil tanggung jawab suatu posisi. Karena sebuah organisasi atau klub umum memiliki banyak orang dengan latar belakang dan kepribadian yang bervariasi, Anda juga dapat mengasah soft skill seperti keterampilan berkomunikasi, kepemimpinan, bekerja sama dengan orang yang belum dikenal, dan lain sebagainya.

8. Meditasi

Teknik meditasi dapat membantu Anda menjernihkan pikiran, melatih fokus, dan mengembangkan sikap sabar. Anda dapat mempelajari dengan spesifik teknik meditasi yang benar melalui informasi yang tersedia di internet, media sosial, ataupun langsung dari ahli meditasi.

9. Olahraga

Kegiatan olahraga tidak hanya mampu membuat tubuh sehat, namun juga otak dan suasana hati. Menurut National Institutes of Health (NIH), olahraga dapat mengurangi risiko stres dan depresi. Selama berolahraga, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood, serta membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

Baca Juga: Cara Investasi Saham di Securities Crowdfunding

Investasi yang Cocok untuk Pemuda

Investasi leher ke atas juga dapat membantu Anda memahami dan mengambil keputusan terkait investasi finansial dengan lebih baik, seperti ekspansi bisnis bersama JOINAN. Bisnis Anda merupakan salah satu instrumen investasi yang menjanjikan jika dikembangkan dengan cara-cara yang tepat.

Sebagai penyelenggara investasi berbasis securities crowdfunding, JOINAN berkomitmen untuk mendukung iklim ekonomi Indonesia yang sehat, menjadi alternatif modal untuk mendukung bisnis naik kelas, dan solusi pintar untuk berinvestasi.

JOINAN merupakan platform investasi berbasis securities crowdfunding. Melalui JOINAN Anda dapat mengakses modal untuk mengembangkan bisnis. Mekanisme yang dilakukan yaitu dengan penerbitan efek yang akan JOINAN tawarkan kepada seluruh investor tanah air melalui website dan aplikasi JOINAN.

Kembangkan bisnis impian Anda sekarang, gabung jadi mitra JOINAN, akses modal hingga 10 Miliar Rupiah!

Wujudkan bisnis impian, gabung jadi mitra joinan raih akses modal bisnis hingga 10 miliar rupiah

*) JOINAN tidak bekerja sama dengan brand manapun yang disebutkan dalam artikel ini. Segala informasi terkait tiap brand pada artikel ini berkemungkinan besar dapat berubah sewaktu-waktu, untuk info terkait franchise atau kemitraan silahkan menghubungi pihak brand tersebut lebih lanjut. JOINAN tidak bertanggung jawab atas performa bisnis dari tiap brand  atas kerja sama yang Anda lakukan dengan mereka.